DAMPAK PENGGUNAAN ALAT BELANJA "QRIS" TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ERA GENERASI Z

Mahardika, Ganang Reggy (2025) DAMPAK PENGGUNAAN ALAT BELANJA "QRIS" TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ERA GENERASI Z. Thesis thesis, UNIVERSITAS BPD JATENG.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (354kB)

Abstract

ABSTRACT The number of QRIS users has increased since the beginning of 2020, when QRIS services began to be used effectively, both by users as a means of consumer payment and users as a means of payment for producers. This research aims to determine and analyze the influence of perceived benefits and perceived convenience on consumer satisfaction with perceived risk as a moderating variable in the Generation Z era. This research was conducted in Randublatung District, Blora Regency by distributing questionnaires to the people of Blora Regency as many as 80 respondents using Google Form, while the data analysis measurements used SmartPLS. The research results show that perceived benefits and perceived convenience have a positive effect on consumer satisfaction, and perceived risk is a moderating variable in the influence of perceived benefits, perceived convenience on consumer satisfaction in the Generation Z era.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: ABSTRAK Jumlah pengguna QRIS mengalami peningkatan sejak awal tahun 2020, ketika layanan QRIS mulai efektif digunakan, baik oleh pengguna sebagai alat pembayaran konsumen maupun pengguna sebagai alat pembayaran produsen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap kepuasan konsumen melalui persepsi risiko pada era Generasi Z. Riset ini diadakan di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora dengan menyebar kuesioner kepada Masyarakat di Kabupaten Blora sebanyak 80 responden dengan menggunakan google form, sedangkan pengukuran analisis datanya menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, persepsi risiko bukan merupakan variabel moderasi pengaruh persepsi manfaat terhadap kepuasan konsumen, dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui persepsi risiko.
Uncontrolled Keywords: persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S2
Date Deposited: 19 Sep 2025 04:20
Last Modified: 19 Sep 2025 04:20
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item