EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING AGEN PERISAI DALAM MEMASARKAN PRODUK BPJS KETENAGAKERJAAN DI WILAYAH JAWA TENGAH

Priambodo, Ade Darya (2024) EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING AGEN PERISAI DALAM MEMASARKAN PRODUK BPJS KETENAGAKERJAAN DI WILAYAH JAWA TENGAH. Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
TESIS_ADE_DARYA 22221385 DP.pdf

Download (221kB)
[img] Text
TESIS_ADE_DARYA 22221385 1-3.pdf

Download (383kB)

Abstract

Perlindungan sosial ialah salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pengentasan kemiskinan, pengurangan kesenjangan dan pembangunan dalam suatu negara. Di Negara Indonesia yang menjadi tantangan ialah kondisi geografisnya yang luas. BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan sosial ekonomi bagi pekerja di Indonesia membentuk mitra guna menjangkau seluruh tenaga kerja di Indonesia yang disebut dengan agen perisai. Agar selaras dengan tujuan tersebut, personal selling menjadi salah satu kunci penting yang perlu dikuasai oleh seorang agen perisai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan guna menganalisis efektivitas penerapan personal selling, hamabatan yang muncul, dan menerima saran yang diberikan oleh para agen perisai BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Jawa Tengah. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan 3 agen perisai. Hasil yang didapat ialah bahwa personal selling yang diimplementasikan oleh agen perisai BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Jawa Tengah ialah dengan tahapan prospek, pra-pendekatan, pendekatam, presentasi dan demonstrasi, mengatasi pengaduan, penutupan, pemeliharaan dan tindak lanjut. Hambatan yang beragam ditemui hampir di seleruh tahap personal selling. Sebagai langkah solutif, Kantor Cabang mengadakan kegiatan pembinaan agen perisai, pengaadaan insentif akuisisi dan iuran untuk agen perisai, serta memfasilitasi agen perisai dalam kegiatan akuisisi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Perlindungan sosial ialah salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pengentasan kemiskinan, pengurangan kesenjangan dan pembangunan dalam suatu negara. Di Negara Indonesia yang menjadi tantangan ialah kondisi geografisnya yang luas. BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk perlindungan sosial ekonomi bagi pekerja di Indonesia membentuk mitra guna menjangkau seluruh tenaga kerja di Indonesia yang disebut dengan agen perisai. Agar selaras dengan tujuan tersebut, personal selling menjadi salah satu kunci penting yang perlu dikuasai oleh seorang agen perisai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan guna menganalisis efektivitas penerapan personal selling, hamabatan yang muncul, dan menerima saran yang diberikan oleh para agen perisai BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Jawa Tengah. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan 3 agen perisai. Hasil yang didapat ialah bahwa personal selling yang diimplementasikan oleh agen perisai BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Jawa Tengah ialah dengan tahapan prospek, pra-pendekatan, pendekatam, presentasi dan demonstrasi, mengatasi pengaduan, penutupan, pemeliharaan dan tindak lanjut. Hambatan yang beragam ditemui hampir di seleruh tahap personal selling. Sebagai langkah solutif, Kantor Cabang mengadakan kegiatan pembinaan agen perisai, pengaadaan insentif akuisisi dan iuran untuk agen perisai, serta memfasilitasi agen perisai dalam kegiatan akuisisi
Uncontrolled Keywords: social protection, personal selling strategy, Perisai agent, BPJS Ketenagakerjaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S2
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:09
Last Modified: 14 Mar 2024 02:09
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item