PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN KEUANGAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP EFIKASI DIRI KEUANGAN MAHASISWA AKUNTANSI: PERAN MEDIASI LITERASI KEUANGAN

Nugarifta, Anis Fara (2025) PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN KEUANGAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP EFIKASI DIRI KEUANGAN MAHASISWA AKUNTANSI: PERAN MEDIASI LITERASI KEUANGAN. Skripsi thesis, Universitas BPD.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Bab 1 - Bab 3.pdf

Download (397kB)

Abstract

This study aims to analyze the influence of financial learning quality and parents’ socioeconomic status on accounting students’ financial self-efficacy, with financial literacy as a mediating variable. The research was conducted on 100 undergraduate Accounting students from various universities in Semarang City who had completed relevant finance courses. A quantitative approach was employed, using Partial Least Square (PLS) analysis with SmartPLS 4.0. The results indicate that financial learning quality and parents’ socioeconomic status have a significant effect on financial self-efficacy. Furthermore, financial learning quality has a significant effect on financial literacy. However, parents’ socioeconomic status does not have a significant effect on financial literacy. Financial literacy also does not have a significant effect on financial self-efficacy and does not mediate the relationship between the independent variables and financial self-efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pembelajaran keuangan dan status sosial ekonomi orang tua terhadap efikasi diri keuangan mahasiswa akuntansi, dengan literasi keuangan sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan terhadap 100 mahasiswa program studi S1 Akuntansi dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang yang telah menempuh mata kuliah keuangan relevan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran keuangan dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri keuangan. Selain itu, kualitas pembelajaran keuangan berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan. Namun, status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan. Literasi keuangan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri keuangan dan tidak memediasi hubungan antara variabel bebas dan efikasi diri keuangan.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran Keuangan, Status Sosial Ekonomi, Literasi Keuangan, Efikasi Diri Keuangan, Mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S1
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:45
Last Modified: 17 Oct 2025 01:45
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item