PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN POKOK ONLINE PADA MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN E-COMMERCE DI KABUPATEN SEMARANG

Nugroho, Annassyifa' Yuniar (2024) PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN POKOK ONLINE PADA MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN E-COMMERCE DI KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
BAB 1 - BAB 3.pdf

Download (609kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

The existence of internet technology has an impact to changes people life. One of them is e-commerce service. Through e-commerce, consumers can buy product or service without any time and region limit. More easier to do online shopping, the risk more higher. The risk is when the stuff ordered only seen through electronic screen and maybe not match with the advertisement. This research purpose to determine how the impact from the perception of risk and promotion to consumers on online grocery purchasing decision for consumers. The population in this study are individual users of online grocery shopping service in Semarang Regency, who were selected using the Purposive Sampling and Snowball Sampling methods, so that the total sample is 100 respondents. This research is a quantitative research by testing the hypothesis. Hypothesis test using the SPSS apps. This study accepts two hypothesis. First, risk has a negative effect on online staple purchase decision and promotion has a positive effect on online staple purchase decision. More higher risk perception from that individual, make lower decision to buy a product. While promotion, have a positive effect influence on online staple buying decision, which means promotions that carried out properly and well, will be able to increase consumer desire and decision to buy the product.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Adanya teknologi internet berdampak pada perubahan yang luar biasa terhadap cara hidup masyarakat. Salah satunya adalah layanan e-commerce. Lewat e-commerce, konsumen dapat membeli produk atau jasa tanpa adanya batas waktu dan wilayah. Semakin mudahnya melakukan kegiatan belanja online, semakin tinggi risiko yang terjadi. Risiko yang terjadi adalah ketika barang yang dipesan hanya bisa dilihat melalui layar elektronik dan bisa saja tidak sesuai dengan iklan di e-commerce tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari persepsi risiko dan promosi terhadap keputusan pembelian bahan makanan secara online. Populasi penelitian ini yaitu individu pengguna layanan belanja bahan pokok online di Kabupaten Semarang, yang dipilih dengan metode Purposive Sampling dan Snowball Sampling, sehingga total sampel adalah 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menguji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan alat analisis data SPSS. Penelitian ini menerima dua hipotesis, yaitu risiko berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian bahan pokok online dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian bahan pokok online. Semakin tinggi persepsi risiko pada individu maka semakin rendah keputusan untuk membeli sebuah produk. Sementara promosi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bahan pokok online, yang berarti promosi yang dilakukan secara tepat dan baik, dapat meningkatkan keinginan dan keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut.
Uncontrolled Keywords: risk, promotion, buying decision, e-commerce, online shopping.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S1
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:29
Last Modified: 14 Mar 2024 05:29
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item