Hatiyati, Reyna widya (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BISNIS FASHION DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN DI LINGKUNGAN SEMARANG. Skripsi thesis, Stiebankbpdjateng.
![]() |
Text
2025 Reyna widya hariyati 12211314 2.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
2025 Reyna widya hariyati 12211314.pdf Download (632kB) |
Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan industri fashion di Semarang, loyalitas pelanggan menjadi faktor krusial dalam mempertahankan keberlangsungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan bisnis fashion di Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah membeli produk fashion dari UMKM di Semarang. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa pelanggan lebih mempertimbangkan aspek kualitas, harga yang kompetitif, serta citra merek yang kuat dibandingkan dengan strategi promosi dalam membangun loyalitas. Kata kunci: Loyalitas pelanggan, kualitas produk, harga, promosi, citra merek, bisnis fashion, UMKM Semarang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Seiring dengan pesatnya perkembangan industri fashion di Semarang, loyalitas pelanggan menjadi faktor krusial dalam mempertahankan keberlangsungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan bisnis fashion di Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah membeli produk fashion dari UMKM di Semarang. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa pelanggan lebih mempertimbangkan aspek kualitas, harga yang kompetitif, serta citra merek yang kuat dibandingkan dengan strategi promosi dalam membangun loyalitas. |
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas pelanggan, kualitas produk, harga, promosi, citra merek, bisnis fashion, UMKM Semarang. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Wisudawan S1 |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:32 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:32 |
URI: | http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/2720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |