PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Septiana, Sinta (2025) PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Skripsi thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
2025-SintaSeptiana-11211363-Skripsi3.pdf

Download (155kB)
[img] Text
2025-SintaSeptiana-11211363-Skripsi2.pdf

Download (566kB)

Abstract

This research aims to examine the effect of corporate social responsibility (CSR) disclosure on company value with profitability as a moderator. The population in this research is manufacturing sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2021-2023. The number of samples in this research was 50 companies. The sampling technique uses a purposive sampling method. The research method used is quantitative with data sources in the form of secondary data. The data analysis method uses multiple linear regression analysis with SPSS version 22. The results of this research provide empirical evidence that partially the corporate social responsibility (CSR) variable has a positive and significant effect on company value. Meanwhile, the profitability variable can moderate the influence of CSR disclosure on company value. Keywords: Corporate Social Responsibility, Profitability, Company Value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021-2023. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 Perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan sumber data berupa data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini memberikan bukti secara empiris bahwa secara parsial variabel corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel profitabilitas dapat memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S1
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:54
Last Modified: 19 Sep 2025 02:54
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item View Item