PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TATA KELOLA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Muchammad, Adinda Ummi Nur (2023) PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TATA KELOLA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
Adinda Ummi_11191064_Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Adinda Ummi_11191064_BAB 1-3.pdf

Download (205kB)

Abstract

This research aims to examine the effect of CSR disclosure on firm value with corporate governance as a moderating variable. The population in this research are companies that won awards at the Corporate Governance Perception Index (CGPI) organized by The Indonesian Institute of Corporate Governance (IICG) and Majalah SWA in 2018-2022. The sampling technique used the purposive sampling method and obtained samples from 6 companies with the observation year starting from 2018-2022, so that the total sample used is 30 samples. This research is a quantitative research using secondary data obtained from annual reports and sustainability reports published on the company's official website. The data analysis method in this research used Structural Equation Model-Partial Least Squares (SEM-PLS) with Smart-PLS3 to analyze the data. The results showed that CSR disclosure had a positive effect on firm value and corporate governance was able to moderate the effect of CSR disclosure on firm value.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan tata kelola perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang meraih penghargaan pada Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute of Corporate Governance (IICG) dan Majalah SWA tahun 2018-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan dengan tahun pengamatan 2018-2022, sehingga total sampel yang digunakan adalah 30 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan yang dipublikasikan pada website resmi perusahaan. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan Smart-PLS 3 untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan tata kelola perusahaan mampu memoderasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, CSR Disclosure, Firm Value
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S1
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:07
Last Modified: 23 Jan 2024 02:07
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item