PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN KELUARGA,STATUS SOSIAL,DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP LITERASI KEUANGAN

MEKARSARI, RIZKA and Yuliana, Rahmi, SE., MM (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN KELUARGA,STATUS SOSIAL,DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP LITERASI KEUANGAN. Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text (Undergraduate thesis)
Rizka mekarsari.12130131.S1.manajemen.bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya tingkat literasi keuangan yang ada di kalangan Mahasiswa Kota Semarang. Fenomena yang ada saat ini tidak mencerminkan mahasiswa memiliki tingkat literasi finansial yang baik. Hal ini terlihat tidak adanya pembentukan skala prioritas atas kegiatan ekonominya. Strategi peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendidikan keuangan di keluarga, status sosial dan locus of control sebagai faktor yang mempengaruhi literasi keuangan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Mahasiswa yang berada di Kota Semarang. Populasi yang jumlahnya terlalu besar dan tidak diketahui pasti locus of control jumlahnya, sehingga dalam penentuan sampel menggunakan rumus MOE dan mendapatkan sampel sejumlah 96 responden. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Alat analisis yang digunakan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pendidikan keuangan di keluarga, status sosial dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan Mahasiswa Kota Semarang. Berpengaruh positif dan signifikan semua variabel bebas terhadap variabel terikat, menunjukkan ketiga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan keuangan di keluarga, status sosial dan locus of control dan literasi keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Farid Farid Widodo
Date Deposited: 24 May 2021 04:02
Last Modified: 24 May 2021 04:02
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item