PERANAN INOVASI PRODUK DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Bisnis di Rumah Makan Sepanjang Jalan Bojong – Guci Tegal)

MURTANTO, EDI and Mursid, Ali, Ph.D (2021) PERANAN INOVASI PRODUK DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Bisnis di Rumah Makan Sepanjang Jalan Bojong – Guci Tegal). Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text (Thesis)
Thesis Edi Murtanto maret 2021-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian yaitu: 1) menganalisis pengaruh pengetahuan manajemen terhadap inovasi produk 2) menganalisis pengaruh modal intelektualterhadap inovasi produk 3) menganalisis pengaruh kemampuan organisasi terhadap inovasi produk 4) menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif 5) menganalisis pengaruh pengetahuan manajemen terhadap keunggulan kompetitif dengan inovasi produk sebagai variabel mediasi 6) menganalisis pengaruh modal intelektualterhadap keunggulan kompetitif melalui inovasi produk 7) menganalisispengaruhkemampuanorganisasiterhadapkeunggulan kompetitif melalui inovasi produk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan skala pengukuran ordinal. Sementara menurut tingkat eksplanasi, penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh rumah makan di sepanjang jalan dari Bojong menuju ke Obyek Wisata Guci yang berjumlah sebanyak 36 rumah makan. Adapun teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh sehingga jumlah responden juga sebanyak 36 responden. Hasil penelitian: 1) pengetahuan manajemen tidak berpengaruh terhadap inovasi produk. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,014 (bertanda positif) dan nilai signifikansi sebesar 0,960 ˃ 0,05 (hipotesis ditolak). 2) modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi produk. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,935 (bertanda positif) dan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,017 < 0,05 (hipotesis diterima). 3) kemampuan organisasi tidak berpengaruh terhadap inovasi produk. Hal ini dapat dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,366 (bertanda positif) dan nilai signifikansi sebesar 0,180 ˃ 0,05 atau hipotesis ditolak. 4) inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,339 (bertanda positif) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau hipotesis diterima. 5) pengetahuan manajemen tidak berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif melalui inovasi produk. Hal ini dibuktikan dengan nilai t (sobel test statistic) sebesar 0,0528 < nilai t tabel (1,96) atau hipotesis ditolak. 6) modal intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan kompetitif melalui inovasi produk. Hal ini dibuktikan dengan nilai t (sobel test statistic) sebesar 2,14059 ˃ nilai t tabel (1,96) atau hipotesis diterima. 7) kemampuan organisasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif melalui inovasi produk. Hal ini dibuktikan dengan nilai t (sobel test statistic) sebesar 1,2995 < nilai t tabel (1,96) atau hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Kompetitif; Inovasi Produk; Pengetahuan Manajemen; Modal Intelektual; Kemampuan Organisasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Farid Farid Widodo
Date Deposited: 20 Apr 2021 06:29
Last Modified: 20 Apr 2021 06:29
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item