PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA BANK SBI INDONESIA CABANG SEMARANG)

Fardela, Rizman (2025) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA BANK SBI INDONESIA CABANG SEMARANG). Thesis thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
BAB 1 - BAB 3.pdf

Download (570kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

In today's highly competitive era, brands are considered a strategic need for companies to provide added value to customers and develop competitive advantages in their products or services. This study aims to examine the effect of marketing communications, namely advertising, public relations, direct selling, and sales promotions on brand loyalty mediated by brand trust. The respondents of this study were 130 customers of Bank SBI Semarang Branch, the data collection method used a questionnaire and data analysis tools used PLS-SEM. The findings of this study are advertising, public relations, direct selling, and sales promotions have a significant effect on brand trust, but do not have a significant effect on brand loyalty. Brand trust has a significant effect on brand loyalty and mediates the effect of advertising, public relations, and direct selling on brand loyalty. This study contributes to the development of Relationship Marketing theory, especially related to creating loyalty to service industry brands, especially banking. This study also contributes to the banking industry to develop customer loyalty or brand loyalty, through marketing communication strategies.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: Pada era persaingan yang sangat kompetitif saat ini, merek dianggap sebagai kebutuhan strategis bagi perusahaan untuk memberikan nilai lebih pada pelanggan dan mengembangkan keunggulan kompetitif pada produk atau jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari komunikasi pemasaran yaitu periklanan, hubungan masyarakat, penjualan langsung, dan promosi penjualan terhadap loyalitas merek yang dimediasi oleh kepercayaan merek. Responden penelitian ini adalah 130 nasabah Bank SBI Cabang Semarang, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat analisis data menggunakan PLS-SEM. Temuan pada penelitian ini adalah periklanan, hubungan masyarakat, penjualan langsung, dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek, akan tetapi tidak berpengaruh signifikan terhdaap loyalitas merek. Kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek dan memediasi pengaruh periklanan, hubungan masyarakat, dan penjualan langsung terhadap loyalitas merek. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori Relationship marketing, khususnya terkait dengan menciptakan loyalitas pada merek industri jasa, khususnya adalah perbankan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi pada industri perbankan untuk mengembangkan loyalitas pelanggan atau loyalitas mereknya, melalui strategi komunikasi pemasaran.
Uncontrolled Keywords: marketing communication; brand trust; brand loyalty
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S2
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:00
Last Modified: 19 Sep 2025 07:00
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item