ANALISIS PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN, KUALITAS PRODUK, INFORMASI MEDIA SOSIAL, KESESUAIAN KUALIFIKASI DAN PERSEPSI PELAMAR KERJA TERHADAP INTENSI MELAMAR KERJA BASIS ONLINE: PERSEPSI PELAMAR KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Gen-Z Kota Semarang)

Prastyo, Agung Dwi (2024) ANALISIS PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN, KUALITAS PRODUK, INFORMASI MEDIA SOSIAL, KESESUAIAN KUALIFIKASI DAN PERSEPSI PELAMAR KERJA TERHADAP INTENSI MELAMAR KERJA BASIS ONLINE: PERSEPSI PELAMAR KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Gen-Z Kota Semarang). Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
Thesis Daftar Pustaka_Agung Dwi Prastyo,S.P.W.K._22221343.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Thesis Bab 1-3_Agung Dwi Prastyo,S.P.W.K._22221343.pdf

Download (398kB)

Abstract

Companies face challenges in managing HR transformation in the digital era, particularly in attracting Generation Z's (Gen-Z) interest in applying for jobs online. Corporate reputation, product quality, social media information, qualification fit, and job applicant perceptions are key factors influencing the increase in the quantity of online job applicants among Gen-Z in the midst of the current labor market dynamics. This study aims to analyze the influence of independent variables (corporate reputation, product quality, social media information, qualification fit, and job applicant perceptions) on the dependent variable (online job application intention), with job applicant perceptions as a mediating variable. The research population consists of Gen-Z residents in Semarang City who have graduated with a bachelor's or diploma degree and have either engaged in or undergone online recruitment. The sample used is 100 respondents selected through purposive sampling with a quantitative research approach. Data collection techniques utilize questionnaires, and analysis techniques employ PLS-SEM with Smart-PLS. Corporate reputation, social media information, and qualification fit positively and significantly influence online job application intention, while product quality and job applicant perceptions do not significantly affect online job application intention. The mediation test results indicate that job applicant perceptions do not successfully mediate the independent variables' effect on the dependent variable. Keywords: Corporate Reputation, Product Quality, Social Media Information, Qualification Fit, Job Applicant Perceptions, Online Job Application Intention

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Perusahaan menghadapi tantangan dalam mengelola transformasi manajemen SDM di era digital, terutama dalam menarik minat Generasi Z (Gen-Z) untuk melamar pekerjaan secara online. Reputasi perusahaan, kualitas produk, informasi media sosial, kesesuaian kualifikasi, dan persepsi pelamar kerja menjadi faktor kunci yang memengaruhi peningkatan kuantitas pelamar kerja online di kalangan Gen-Z di tengah perubahan dinamika pasar kerja saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel independen (reputasi perusahaan, kualitas produk, informasi media sosial, kesesuaian kualifikasi dan persepsi pelamar kerja) terhadap variabel dependen (intensi melamar kerja online) dengan persepsi pelamar kerja sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini yaitu Gen-Z dengan domisili di Kota Semarang pada lulusan sarjana dan diploma serta sedang/pernah melakukan rekrutmen basis online. Sampel yang digunakan yaitu 100 responden dengan teknik purposive sampling dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan PLS-SEM dengan Smart-PLS. Reputasi perusahaan, informasi media sosial dan kesesuaian kualifikasi secara positif dan signifikan mempengaruhi intensi melamar kerja online, sedangkan untuk kualitas produk dan persepsi pelamar kerja tidak signifikan berpengaruh pada intensi melamar kerja online. Untuk persepsi pelamar kerja sebagai variabel mediasi dengan hasil tidak mampu memediasi variabel independen terhadap variabel dependen.
Uncontrolled Keywords: Reputasi Perusahaan, Kualitas Produk, Informasi Media Sosial, Kesesuaian Kualifikasi, Persepsi Pelamar Kerja dan Intensi Melamar Kerja Online
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S2
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:20
Last Modified: 05 Sep 2024 04:20
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item