PENGARUH LINGKUNGAN, KEPERCAYAAN DIRI, DAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP MOTIVASI WIRAUSAHA AGROBISNIS PADA GENERASI Z DI KECAMATAN KEBONAGUNG

Tri, Susi Susanti (2024) PENGARUH LINGKUNGAN, KEPERCAYAAN DIRI, DAN PENGEMBANGAN DIRI TERHADAP MOTIVASI WIRAUSAHA AGROBISNIS PADA GENERASI Z DI KECAMATAN KEBONAGUNG. Other thesis, STIE BANK BPD JATENG.

[img] Text
BAB 1-3. TRI SUSI SUSANTI. 2024.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. TRI SUSI SUSANTI.pdf

Download (268kB)

Abstract

Abstrak Indonesia disebut dengan negara agraris karena sebagaian besar penduduknya berwirausaha agrobisnis. Apabila pembangunan wirausaha agrobisnis disuatu negara baik maka perekonomian negara juga akan semakin baik dan stabil. Namun dengan demikian berwirausaha sebagai agrobisnis akhir-akhir ini cenderung mulai ditinggalkan khususnya pada generasi z. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Lingkungan, Kepercayaan Diri dan Pengembangan Diri Terhadap Motivasi Wirausaha Agrobisnis di Kecamatan Kebonagung. Populasi dalam penelitian ini adalah pada pemuda yang di kategorikan umur 11 - 24 tahun. Dalam penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan margin error sebesar 10% maka diperoleh sampel sebesar 100 responden. Metode analisis yang digunakan ialah Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Berganda dan Uji Klayakan Model ( Uji Goodness of Fit Model) dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29. Berdasarkan hasil hipotesis bahwa lingkungan berpengaruh terhadap wirausaha agrobisnis, ditunjukkan dengan nilai t hitung 5,185 dengan nilai signifikansi 0,001. Artinya motivasi wirausaha agrobisnis dapat dipengaruhi oleh lingkungan seperti lingkungan keluarga, teman, dan sosial. Kedua, Kepercayaan diri berpengaruh terhadap wirausaha agrobisnis, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,315 dengan nilai signifikansi 0,023. Artinya dengan memiliki kepercayaan diri maka akan tumbuh motivasi berwirausaha agrobisnis. Ketiga, Pengembangan diri berpengaruh terhadap wirausaha agrobisnis, ditunjukkan dengan nilai t hitung 4,955 dengan nilai signifikansi 0,001. Artinya semakin ingin mengembangkan diri maka akan semakin mempengaruhi motivasi berwirausaha. Kata Kunci : lingkungan, kepercayaan diri, pengembangan diri dan motivasi wirausaha

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Abstrak Indonesia disebut dengan negara agraris karena sebagaian besar penduduknya berwirausaha agrobisnis. Apabila pembangunan wirausaha agrobisnis disuatu negara baik maka perekonomian negara juga akan semakin baik dan stabil. Namun dengan demikian berwirausaha sebagai agrobisnis akhir-akhir ini cenderung mulai ditinggalkan khususnya pada generasi z. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Lingkungan, Kepercayaan Diri dan Pengembangan Diri Terhadap Motivasi Wirausaha Agrobisnis di Kecamatan Kebonagung. Populasi dalam penelitian ini adalah pada pemuda yang di kategorikan umur 11 - 24 tahun. Dalam penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan margin error sebesar 10% maka diperoleh sampel sebesar 100 responden. Metode analisis yang digunakan ialah Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Berganda dan Uji Klayakan Model ( Uji Goodness of Fit Model) dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29. Berdasarkan hasil hipotesis bahwa lingkungan berpengaruh terhadap wirausaha agrobisnis, ditunjukkan dengan nilai t hitung 5,185 dengan nilai signifikansi 0,001. Artinya motivasi wirausaha agrobisnis dapat dipengaruhi oleh lingkungan seperti lingkungan keluarga, teman, dan sosial. Kedua, Kepercayaan diri berpengaruh terhadap wirausaha agrobisnis, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,315 dengan nilai signifikansi 0,023. Artinya dengan memiliki kepercayaan diri maka akan tumbuh motivasi berwirausaha agrobisnis. Ketiga, Pengembangan diri berpengaruh terhadap wirausaha agrobisnis, ditunjukkan dengan nilai t hitung 4,955 dengan nilai signifikansi 0,001. Artinya semakin ingin mengembangkan diri maka akan semakin mempengaruhi motivasi berwirausaha. Kata Kunci : lingkungan, kepercayaan diri, pengembangan diri dan motivasi wirausaha
Uncontrolled Keywords: lingkungan, kepercayaan diri, pengembangan diri dan motivasi wirausaha
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S1
Date Deposited: 15 Mar 2024 09:07
Last Modified: 15 Mar 2024 09:07
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item