Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur Di Bei

Sari, Artha Riantika (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur Di Bei. Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
M.06.12 Artha Riantika_1M081177.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seorang investor sebaiknya melakukan analisis fundamental perusahaan terhadap penilaian saham perusahaan sebelum melakukan investasi di BEI. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat abnormal return terhadap unexpected earnings yang terjadi, seorang investor memerlukan informasi baik informasi keuangan maupun informasi yang bersifat sukarela mengenai perusahaan tersebut. Ukuran tingkat abnormal return dalam merespon unexpected earnings inilah yang disebut dengan Earnings Response Coefficient (ERC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, persistensi laba, pertumbuhan laba, likuiditas, dan CSR disclosure terhadap Earnings Response Coefficient. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI dari tahun 2008- 2010. Setelah dilakukan pemilihan sampel dengan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 39 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk time series (data runtut waktu). Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa semua variabel independen (ukuran perusahaan, struktur modal, persistensi laba, pertumbuhan laba, likuiditas, dan CSR disclosure) berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient tetapipengaruhnya berbeda-beda. Variabel ukuran perusahaan, persistensi laba, dan pertumbuhan laba berpengaruh positif terhadap ERC. Sedangkan variabel struktur modal, likuiditas, dan CSR disclosure berpengaruh negatif terhadap ERC. Nilai 2 adjusted R yang diperoleh sebesar 54,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen (ukuran perusahaan, struktur modal, persistensi laba, pertumbuhan laba, likuiditas, dan CSR disclosure) dalam ketepatan memprediksikan variabel dependen (Earnings Response Coefficient) adalah sebesar 54,9% sedangkan sisanya sebesar 45,1% (100%-54,9%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini seperti variabel beta (risiko), tipe industri, kualitas auditor, umur perusahaan, ketepatan penyampaian laporan keuangan, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Earnings Response Coefficient, ukuran perusahaan, struktur modal, persistensi laba, pertumbuhan laba, likuiditas, dan CSR disclosure
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Magang Magang Siswa
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:23
Last Modified: 19 Feb 2024 05:23
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item