PENGARUH LAYANAN DIGITAL PERBANKAN DAN FINANCIAL PLANNING TERHADAP PERILAKU MINAT MENABUNG DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA NASABAH DI PT BANK JATENG CABANG KOORDINATOR SEMARANG

Ayu Niken Setyani, Putri (2023) PENGARUH LAYANAN DIGITAL PERBANKAN DAN FINANCIAL PLANNING TERHADAP PERILAKU MINAT MENABUNG DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA NASABAH DI PT BANK JATENG CABANG KOORDINATOR SEMARANG. Other thesis, STIE Bank BPD Jateng.

[img] Text
23-Putri Ayu Niken Setyani-12190945-SkripsiBab1-3.pdf

Download (906kB)
[img] Text
23-Putri Ayu Niken Setyani-12190945-Daftarpustaka.pdf

Download (441kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of digital banking services and financial planning on deposit interest behavior with financial literacy as an intervention variable. The objects in this study are customers at PT Bank Jateng Semarang Coordinator Branch. This type of quantitative research with a sample of 100 respondents using the questionnaire method. Data collection used the Multistage Cluster Sampling technique from 14 KC and KCP of Bank Jateng, Semarang Coordinator Branch. The theory used is the theory of planned behavior, the theory of the life cycle hypothesis and the theory of prospects. The analysis tool uses SmartPLS 3. The results of the analysis show that financial planning and financial literacy have a effect on the behavior of interest in saving, digital banking services and financial planning have a effect on financial literacy and financial literacy plays a role as an intervention in the relationship between digital banking services and the behavior of interest in saving and financial planning with the behavior of interest in saving. Meanwhile, digital banking services have no effect on deposit interest behavior.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan digital perbankan dan financial planning terhadap perilaku minat menabung dengan literasi keuangan sebagai variabel intervening. Objek pada penelitian ini yaitu nasabah di PT Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dengan metode kuesioner. Pengambilan data menggunakan teknik Multistage Cluster Sampling dari 14 KC dan KCP Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang. Teori yang digunakan adalah teori perilaku terencana, teori hipotesis siklus hidup dan teori prospek. Alat analisis menggunakan SmartPLS 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa financial planning dan literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku minat menabung, layanan digital perbankan dan financial planning berpengaruh terhadap literasi keuangan dan literasi keuangan berperan sebagai intervening dalam hubungan antara layanan digital perbankan dengan perilaku minat menabung serta financial planning dengan perilaku minat menabung. Sedangkan layanan digital perbankan tidak berpengaruh terhadap perilaku minat menabung.
Uncontrolled Keywords: banking digital services, financial planning, saving behavior, financial literacy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Wisudawan S1
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:00
Last Modified: 04 Jul 2023 02:00
URI: http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item